Sunday, August 3, 2008

6 Langkah Ber-Internet di tengah Keluarga

Setelah membaca suatu buku yang diterbitkan oleh ICTwatch bekerjasama dengan XL yang berjudul "Internet Sehat" akhirnya Ardi tertarik pada suatu artikel yang judulnya seperti diatas. Dalam kesempatan kali ini, Ardi mungkin hanya mereview artikel yang berada pada hal 17-18 buku tersebut.

Langkah-langkah berinternet ditengah keluarga seperti berikut :
1. Pertama, jika ada anak dibawah umur, gunakan internet bersama anggota keluarga lain yang lebih dewasa, tempatkan komputer di tempat yang mudah diawasi.
2. Kedua, pelajarilah sarana komunikasi dan kandungan yang ditawarkan oleh internet, secara bersamaan dengan anggota keluarga lainnya.
3. Ketiga, berikan pengertian kepada seluruh anggota keluarga untuk tidak menanggapi / menjawab setiap email ataupun privat chat dari orang yang tidak dikenal.
4. Keempat, pertegaslah kepada siapapun yang menggunakan internet dirumah kita untuk tidak memberikan data pribadi kepada orang yang tidak dikenal.
5. Kelima, mintalah kepada anak dibawah umur untuk segera meninggalkan situs yang tidak pantas.
6. Keenam. tegaskan kepada anak maupun remaja dirumah kita untuk tidak gegabah merencanakan pertemuan langsung dengan seseorang yang baru mereka kenal di internet.

Perlu diingat sekali lagi ya teman-teman, dalam tulisan kali ini Ardi cuma mereview. Ardi cuma berharap ke enam langkah diatas dapat dijadikan dasar ketika kita mengarumi dunia internet sehingga harapan akan adanya internet yang mudah, meriah dan menyenangkan dapat terwujud. Internet yang merupakan dunia untuk berbagi tanpa adanya prasangka negatif terhadap keberadaannya di Bumi ini. Akhir kata, mari bergabung ke komunitas orang-orang kreatip di dunia internet.

--ilmu itu ada, ya untuk berbagi--

No comments: