Tuesday, December 25, 2007

Kalkulator : Komputer Sederhana

Pada kalkulator, CHIP mengimplementasi CPU dan memory. Serpih pengendali I/O menyediakan perantara khusus yang diperlukan untuk mengaktifkan peralatan-peralatan I/O. Adapun modul-modul I/O sbb :
1. Modul input : papan ketik heksadesimal.
2. Modul output : berupa LED dengan 8 buah LED.

Urutan kejadian pada kalkulator adalah sbb:
1. Pemakai memasukkan bilangan melalui papan ketik.
2. Bilangan dimasukkan ke serpih melalui perantara I/O dan disimpan di register. Adapun fungsi register untuk mempercepat operasi informasi dan data. Dalam hal ini kalkulator menggunakan 3 register yaitu : 2 operand, dan 1 operasi. Register operand kedua berfungsi sebagai accumulator. Program pada memory di set untuk mengkonversi bilangan biner, menghitung, dan menyajikan hal. Dalam hal ini program disimpan di memory ROM.
3. register 1 (operand 1) dibaca, lalu dilakukan operasi
4. operand 2 dimasukkan
5. Tidak akan terjadi perubahan sampai ditekan tanda "=", kemudian hasil disimpan di register operang 2.(inget ACcumulator)
6. Hasil ditampilkan di LED.

ringkasan : Contoh di atas menunjukkan bagaimana data dibaca, dan bagaimana sebuah program sederhana dilaksanakan. Juga dilukiskan peranan unsur fungsional sebuah komputer kecil. Diperkenalkan juga konsep baru, yakni register. Register a/ bagian dari hirearki memory dalam sistem komputer.

No comments: