Sunday, December 23, 2007

Mahasiswa MIT Operasikan Super Komputer dengan Sepeda

Sebuah tim yang beranggotakan sepuluh mahasiswa dari MIT memberikan listrik yang cukup untuk sebuah super komputer selama dua puluh menit dengan mengayuh sepeda. Mereka dengan mudah mencetak rekor dunia untuk human powered computing (HPC).

Mereka mengoperasikan sebuah super komputer SiCortex SC648 dengan cluster Linux yang menggunakan 648 CPU dan memori hampir sebesar 1TB. Sistem ini cukup hemat energi dan mengkonsumsi 1200 watt tanpa membutuhkan power suplai atau sistem pendingin khusus.

Sebuah chip SC648 dengan enam buah prosesor membutuhkan listrik hanya sekitar 8 watt, dibandingkan dengan CPu laptop biasa yang membutuhkan 100 watt, menurut CEO SiCortex John Mucci. Super komputer lain membutuhkan puluhan ribu, atau bahkan ratusan ribu watt untuk beroperasi.

Sepuluh orang mengayuh sepeda di sebuah panggung, dengan roda - roda yang dihubungkan ke dinamo yang menghasilkan listrik DC (direct current) yang dikonversi menjadi listrik AC (alternating current) yang dibutuhkan. Super komputer ini membuat sebuah model reaksi nuklir.

Seorang juru bicara mengatakan bahwa sesi sepanjang 20 menit ini menghasilkan lebih banyak komputasi yang terjadi di 3000 tahun pertama kebudayaan manusia. Ia juga mengatakan bahwa kalkulasi aritmetik yang dihasilkan lebih banyak dibandingkan dari yang pernah dilakukan dunia hingga tahun 1960.

Tim MIT ini menitik beratkan ke kepentingan untuk menemukan suplai energi yang dapat diperbaharui. Google dan sebuah perusahaan sepeda juga sebelumnya pernah mensponsori sebuah kontes "Innovate or Die".


Klik di sini untuk sumber artikel.

No comments: