Wednesday, December 19, 2007

PERAN INTERNET DALAM DUNIA PENDIDIKAN, LANGKAH MENUJU PEMBELAJARAN MODERN


review ini ditulis tengah malam setelah membaca karya tulis dari Iqbal (SMAN 1 Probolinggo) yang menjadi pemenang ketiga dalam lomba karya tulis online TELKOM yang bertemakan peran internet dalam dunia pendidikan.

"Sekolah kita akan kedatangan internet..."Kata Kepala Sekolah. Beberapa anak yang mencuri dengar pembicaraan tersebut terkesima dengan "sosok" asing yang disebut internet."

Bunyi iklan yang dapat dijadika titik tolak yang baik bagi pengembangan internet dalam dunia pendidikan. Internet yang sebenarnya bukan baru ini memiliki kontribusi dalam dunia pendidikan yang terkait dengan penyediaan informasi yang cepat, tepat, dan cermat. Dan bukan menjadi sebuah rahasia lagi, bahwa terjadi kecenderungan baru bagi pola pikir pelajar modern yang lebih memilih internet sebagai penyedia informasi. Lebih Lanjut, perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuah sistem pembelajaran yang atraktif dan inovatif yang disebut dengan sistem pembelajaran jarak jauh.

Berdasarkan data yang diperoleh melalui angket yang disebar secara acak di SMA 1 Probolinggo, didapat suatu kesimpulan bahwa pemanfaatan internet sebagai media pencari informasi sebesar 34 % dan menduduki persentase tertinggi dibanding media lain seperti radio, buku, dan televisi. Dari survey yang dilakukan secara umum peranna internet sebagai media informasi IPTEk (55%), hiburan (15%), mencari teman dan bisnis (2%), dan sisanya tidak tahu sekaligus memanfaatkan semua.

Secara detail peranan internet di dalam dunia pendidikan khususnya bagi guru adalah sebagai berikut :

1. meningkatkan pengetahuan
2. berbagi sumber dengan seprofesi
3. kerjasama dengan guru diluar negeri
4. partisipasi dalam forum pendidikan
5. sumber bahan ajar

Sedangkan peranan bagi siswa sebagai berikut :
1. sumber pengetahuan
2. meningkatkan komunikasi dengan siswa lain
3. media praktek dari teori yang telah dipelajari.

Dari fakta yang terjadi dilapangan dan survey yang dilakukan didapat kesimpulan bahwa internet memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan, dan dapat dijadikan media informasi dan pembelajaran modern seperti pengajaran jarak jauh.

sumber data : http://www.plasa.com/ktonline/karya/pemenang/393.pdf

1 comment:

Yusi Setiawati said...

Hai ada award lagi lho dengan tema yang sejenis dengan artikel ini. Berniat ikutan? Coba deh baca infonya di http://www.tabloidinternet.com/tabloid-internet-blog-award-2009.html